Minggu, 17 April 2016

Explore Jogja in 1 Week

Assalamu'alaikum...
Selamat datang dan salam kenal dari saya "Nadia".
Setelah sekian lama pengen banget buat blog, alhamdulillah akhirnya kesampaian juga.
Postingan pertama ini bakal menceritakan tentang perjalanan saya selama liburan di Jogja. Latepost sih, bahkan bisa dibilang super dooper latepost, tapi gapapa deh yaa.
Oke, langsung aja lah ya..

Desember 2014
Berhubung liburan semester ganjil itu super panjang (3 bulan), saya berpikir untuk mengajak kakak saya "Afika" berlibur di Jogja. Sebagai pertimbangan, Jogja adalah kampung kami dan salah satu destinasi yang tidak terlampau jauh dari Jakarta. Setelah deal dengan destinasi perjalanan ke Jogja selama 1 minggu, kami memutuskan untuk menabung. Yaa.. secara kalo pergi ke mana-mana pasti butuh dana yang cukup hehe...
Btw, sebelum melakukan perjalanan ada baiknya membuat list dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi nantinya sekaligus cari tahu berapa tiket masuknya. Jadi setidaknya kita punya gambaran budget minimal perjalanan.

5 Mei 2015
Kami memutuskan untuk naik kereta Progo karena harganya terjangkau (Rp 75.000) dan yang pasti kalo naik kereta ga akan kena "macet". Fyi, kami sengaja pesan tiket kereta tepat 3 bulan sebelum perjalanan supaya bisa bebas memilih tempat duduk.
Kalo budget memang ga banyak, kalian bisa pilih kereta yang murah meriah alias kereta ekonomi toh sekarang ini apapun keretanya udah ber-AC. Oh iya, jangan lupa kalo mau pesan tiket kereta mending sekalian PP, jadi kalian bisa liburan dengan tenang tanpa harus mikirin tiket pulang deh.

5-6 Agustus 2015
Setelah sekian lama menunggu, hari H pun tiba. Kami berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 22:30 menuju Stasiun Lempuyangan dengan jadwal tiba pukul 06:55. Perjalanan kami terasa singkat mungkin karena ini adalah perjalanan di malam hari.

6 Agustus 2015
Hari pertama liburan di Jogja.. Perjalanan kali ini kami berdua ditemani oleh saudara. Untuk meminimalisasi pengeluaran, kami naik motor bertiga *gotik gitu deh*. Biar dibilang alay atau apalah yang penting kan hemat hehe..
Destinasi tempat wisata yang kami tuju pertama kali adalah Taman Sari Yogyakarta.
Pukul 10:42 kami sudah berada di kawasan Taman Sari. Kami mulai menelusuri bangunan kunonya yang unik dan indah. Ini salah satu foto yang sempat saya dokumentasikan.
Foto di atas saya ambil ketika berada di Istana Air Taman Sari. Mohon fokus ke pemandangan sekitarnya aja yaa, jangan ke si bule kece yang lagi duduk haha..

Oke, destinasi selanjutnya, yaitu Museum Benteng Vredeburg.
Museum ini letaknya di kawasan titik nol km Jogja, biar gampang patokannya ujung jalan Malioboro deh ya.. Sekian lama pengen banget ke sini akhirnya keturutan juga *hamdalah*. Oh iya, ini foto waktu di Museum Benteng Vredeburg, agak kurang jelas karna di dalam ruangan.
Sorenya, saya bersama sepupu saya pergi ke Galeria Mall Jogja. Kali ini kami hanya pergi berdua. Tujuan kami ke Mall ini sebenarnya sih hanya ingin mencicipi ice cream saja. Karena penasaran banget sama ice cream yang sempat saya liat di mocipops Aaaaa gakuat deh pokoknya!!
Nah, ini nih bentuk ice cream yang bikin penasaran dari kapan tau. Menurut saya sih ice creamnya enak, lembut banget, dan harganya juga standar, terjangkau lah yaa..

7 Agustus 2015
Kami memilih stay di rumah saudara untuk istirahat setelah kemarin seharian jalan-jalan.
Malam harinya, kami memutuskan untuk pergi ke Pasar Malam. Yaa, walaupun di Jakarta Pasar Malam juga ada, tapi tetep aja kami lebih tertarik dengan Pasar Malam Yogya (ga tau kenapa). Sayangnya, satu-satunya foto di Pasar Malam ga bisa kebuka hiks hiks..

8 Agustus 2015
Hari ini kami berdua (saya dan kakak) memutuskan untuk pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka. Ceritanya sih mau nostalgia masa kanak-kanak dulu di sana. Perjalanan wisata kali ini, kami bepergian dengan angkutan umum, yaitu TransJogja. Nah, TransJogja ini ga jauh beda sama TransJakarta, hanya saja busnya lebih kecil. Tarifnya pun tidak jauh berbeda, kalau TransJakarta Rp 3.500 sedangkan TransJogja Rp 3.600.
Gembira Loka Zoo asri dan bersih banget, biarpun siang-siang bolong panas juga ya tetep bawaannya asri aja gitu liatnya. Hmm.. jadi kangen pengen ke sana lagi.

Oke, destinasi kedua di hari ini adalah jeng-jeng...
De Mata Trick Eye Museum dan De Arca Museum yang terletak di XT Square Yogyakarta. Tiket masuk terusan De Mata + De Arca kalo ga salah itu Rp 75.000. More info bisa kunjungi De Mata Museum
Yups, ini dia salah satu dokumentasi kami di De Mata Trick Eye Museum. Sesuai namanya, hasil foto saya pun menjadi terlihat seperti nyata hehe..
Berbeda dengan De Mata, De Arca ini isinya patung lilin tokoh-tokoh terkenal. Patungnya lumayan banyak, ga bisa disebutin satu per satu. Fyi, ga disangka-sangka ada patung super heroes juga lho ternyata! Yang penasaran tempatnya kaya gimana, cuss kalo ke Jogja jangan lupa mampir.
Nah.. ini dia foto saya bersama kakek Einstein hehe...
Setelah puas berkunjung ke De Mata dan De Arca, kami melanjutkan perjalanan ke Malioboro. Karena udah lama banget ga ke Mall Malioboro, so kami iseng-iseng ke sana buat sekadar beli makanan sama minuman. Sayangnya, kami ga sempat foto-foto di sana hufftt..

9 Agustus 2015
Destinasi di hari selanjutnya adalah Tebing Breksi Yogyakarta. Berhubung tempat ini cukup jauh dan akan lebih baik jika naik motor karena jalannya yang nanjak, so kami memutuskan untuk minta tolong diantarkan sama saudara kami. Untuk menikmati pemandangan di Tebing Breksi ini, kami tidak dikenakan biaya masuk, melainkan hanya biaya parkir kendaraan saja.
Cukup lama kami berada di kawasan ini hingga tak terasa hari sudah gelap, sehingga kami memutuskan untuk turun dan shalat. Perjalanan hari ini tidak berhenti begitu saja sebab kami melanjutkan perjalanan menuju Bukit Bintang Piyungan Yogyakarta. Ini dia penampakan bukit bintangnya! Bagus kan.. *ga lebay*

10 Agustus 2015
H-1 sebelum pulang ke Jakarta. Siangnya kami pergi ke Candi Sambisari. Sebenarnya ini ga termasuk dalam list kami, namun berhubung ada yang ngajak ke sini so, why not? *asik*
Maaf lupa foto candinya karna saking senengnya jalan-jalan.

Sore harinya, kami  pergi ke Candi Prambanan. Meskipun udah berkali-kali ke candi yang satu ini tapi tetep aja ga pernah bosen. Bedanya kali ini kami mampir ke candinya sore sampe malam, kalo biasanya sih pagi atau siang hehe..
Ini penampakan candi dari jauh, ga terlalu keliatan si tapi yaudah lah gapapa yaa..
Kemudian, kami memutuskan untuk belanja oleh-oleh, dilanjutkan dengan jalan-jalan malam di kawasan Villa Bukit Boko Prambanan. Nah.. ini penampakan dari atas villa, maafkan hasil foto yang remang-remang.
11 Agustus 2015
Saatnya kami untuk pulang ke Jakarta. Keberangkatan kami dengan kereta Progo dari Stasiun Lempuyangan dijadwalkan pukul 14:30. Setelah menempuh 9 jam perjalanan, akhirnya kami pun tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 23:27.

Liburan kami di Jogja selama seminggu sangatlah menyenangkan walaupun masih banyak destinasi yang belum sempat dikunjungi (padahal udah dilist).
Berhubung ceritanya udah panjang kali lebar, so udahan dulu yaa. Di postingan selanjutnya saya bakalan ceritain perjalanan saya keliling Jakarta dan Bogor. Stay tune ya, guys! ☺️
Makasih yang udah sempat mampir.